Sabtu, 02 Juni 2012

BAB I "PENGERTIAN & PERKEMBANGAN DUNIA MAYA (CYBER SPACE)"


1.         Pengertian Internet dan Cyber Space
Dalam situs di internet, yaitu www.My PersonalLibaryOnline.com “Internet” (inter-network) didenefisikan sebagai jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersil, oerganisasi, maupun perorangan.
            Sementara The US Supreme Court mendefisikan internet sebagai internasional network off interconnected computers, (Reno V ACLU, dalam Ari Juliano Gema) artinya jaringan internasional dari komputer-komputer yang saling berhubungan.
            Internet telah mengahadirkan realitas kehidupan baru kepada umat manusia. Internet telah mengubah jarak dan waktu menjadi tidak terbatas, yang berjarak berkilo-kilo meter dari tempat kita berada. Di dalam sebuah internet kita dapat melakukan transaksi bisnis, ngobrol, belanja, belajar dan berbagai aktivitas lain layaknya dalam kehidupan nyata.
            Seiring dengan semakin populernya inter-Net sebagai “the network of the network”, masyarkat penggunanya (internet global community) seakan-akan mendapati suatu duia baru yang dinamakan Cyber Space. Sebagaimana William Gibson mempopulerkan dalam novel sci-fi-nya “Neuromancer” yang merupakan khayalan tentang adanya alam lain pada saat teknologi telekomunikasi dan informatika bertemu.
Howard  Rheingold menyatakan, Cyber Space adalah Sebuah “Ruang Imajiner” atau “Maya” yang bersifat artivisial, dimana setia orang melakukan apa saja yang biasa dilakukan dalam kehidupan sosial sehari-hari dengan cara yang baru.
            Berkaiatan dengan cyber space ini Agus Raharjo mengatakan, cyber space sesungguhnya merupakan sebuah dunia komunikasi berbasis komputer(computer mediated comunication). Dunia ini menawarkan realita baru dalam kehidupan manusia yang disebut dengan realitas virtual (maya).
Internet telah membuat manusia-manusia (sebagai pengguna) mampu menjelajah ruang maya ke mana-mana, berkomunikasi dengan beragam informasi global, memasuki jagad perbedaan dan linta etnis, agama, politik, budaya, dan lain sebagainya. Manusia diajak bercengkerama, berdialog, dan mengasah ketajaman nalar dan psikologisnya dengan alam yang hanya tampak pada layar, namun sebenarnya mendeskripsikan realitas kehidupan manusia.




2.         Sejarah Singkat Internet
Perembangan teknologi komputer seiring dengan perkembangan teknologi dibidang teknologi telekomunikasi, pada akhirnya mengakibatkan terjadinya perpaduan antara kedua bidang teknologi tersebut. Perpaduan keduanya membentuk piranti baru yang dikenal dengan nama internet. Pada intinya, Internet merupakan  jaringan komputer yang terhubung satu sama lain melalui media komunikasi, seperti kabel telepon, serat optik, satelit atau gelombang frekuensi.
            Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,U.S. yaitu DARPA (Defense Advenced Research Project Agency) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jarigan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
            Dalam Suatu sistem jaringan komputer (computer network system) terhadap sutau rangkaian terminal komputer yang bekerja dalam suatu sistem komunikasi elektronis. Seperti LAN (local area network), berawal dari rangkaian beberapa komputer dari suatu tempat atau ruangan atau juga gedung. Di gedung lain ada lagi LAN. Jika beberapa LAN ini digabunngkan atau dirangkai menjadi satu akhirnya menjadi kelompok LAN disebut dengan WAN (wide area network). Beberapa WAN ini dapat dirangkai lagi menjadi WAN yang lebih besar dan banyak serta bukan saja gedung antar gedung melainkan antar kota, antar provinsi bahkan antar negara, yang terangkaimenjadi satu, maka disebutlah Internet.
            Sejarah dan perkembangan internet tidak bisa dilepaskan dari perang dingin antara Uni Soviet (USSR) dan Amerika Serikat yang mulai mengemuka sejak usainya Perang Dunia II. Pada awalnya internet hanya menawarkan layanan berbasis teks saja meliputi remote acsses, e-mail/messaging, maupun diskusi melalui news group (usenet). Layanan berbasis grafis seperti www saat itu masih belum ada.
            Indonesia baru bisa menikmati layanan internet pad sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI) telah terlebih dulu tersambung denagan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di lusr negeri.
            Dunia Internet merupakan sebuah tempat di mana kita “hidup” secar maya (Virtual). Dalam dunia ini juga kita dapat melakukan kegiatan yang mirip dengan kegitan di dunia nyata (real space). Kita dapat melakukan bebagai perniagaan (commerce) atau sekedar untuk sosialisasi.

1 komentar: